Kamis, 18 April 2013

Materi Qur'an Hadits Diskusi I

Kali ini saya akan mengeposkan materi Qur'an Hadits diskusi I yang berjudul Al-Qur'an Hadits yang telah disampaikan pada hari Jumat, 12 April 2013. Tulisan ini menguraikan 2 bagian, materi pokok dan materi tambahan. Materi pokok merupakan ringkasan dari materi yang disampaikan pemakalah. Sedangkan materi tambahan adalah materi yang disampaikan oleh Ust. Abdul Ghofur dan jawaban dari beberapa pertanyaan yang diajukan kepada pemakalah.

1. Materi Pokok

A. Pengertian Al-Qur'an
Qara'a berari mengumpulkan dan menghimpun. Qira'ah berarti merangkai huruf-huruf dan kata-kata satu dengan yang lainnya dalam satu ungkapan yang teratur. Al-Qur'an =  Qira'ah
إِنَّ عَلَيْنَا جَمْعَهُ وَقُرْءَانَهُ (17) فَإِذَا قَرَأْ نَهُ فَتَّبِعْ قُرْءَا نَهُ(18)
“Sesungguhnya Kami-lah yang bertanggung jawab mengumpulkan (dalam dadamu) dan membacakannya (pada lidahmu). Maka apabila Kami telah menyempurnakan bacaannya (kepadamu, dengan perantaraan jibril), maka bacalah menurut bacaannya itu.” (Al-Qiyamah: 17-18)

B. Pengertian Hadits
Hadits menurut bahasa adalah al-jadid sesuatu yang baru) - lawan dari al-qadim (lama) - artinya menunjukkan kepada waktu yang dekat atau waktu yang singkat (seperti orang yang baru memeluk agama islam). Disebut juga dengan al-khabar yang berarti berita, yaitu sesuatu yang dipercakapkan dan dipindahkan dari seseorang kepada orang lain.

Secara garis besar ada empat makna fungsi penjelasan (bayan) Hadis terhadap Al-Qur’an, yaitu sebagai berikut: 
a.      Posisi hadis  memperkuat keterangan al-Qur’an (ta’kid). 
b.      Hadis sebagai penjelas (bayan) terhadap Al-Qur’an. 
c.       Hadis mencabang dari pokok dalam al-Qur’an (tafri’ ‘ala al-ashl) 
d.   Menciptakan hukum syari’at (tasyri’) yang belum dijelaskan oleh al-Qur’an, disebut bayan tasyri'
Bentuk-bentuk hadits ada 5, yaitu:
1. Hadits Qauli: berupa perkataan/ucapan rasulullah
2. Hadits Fi'li: berupa perbuatan
3. Hadits Taqriri: berupa ketetapan nabi terhadap apa yang datang dari sahabatnya
4. Hadits Hammi: berupa hasrat yang belum terealisasikan
5. Hadits Ahwali: berupa hal ihwal nabi menyangkut keadaan fisik dan sifat-sifat kepribadiannya.
2. Materi Tambahan
  • Penjelasan dari "Hadits membatasi kemutlakan Al-qur'an 
maksudnya, misalnya di Al-Qur'an dikatakan kalau orang yang mencuri akan dipotong tangannya sebagai hukumannya. Tapi, Rasulullah membatasinya dan memutuskan untuk memotong sampai pergelangan tangannya saja.
  • Mengapa disunnahkan untuk minum sambl duduk? Pada zaman rasulullah, tidak ada ilmu yang bisa membuktikan kebenaran dari hal tersebut, sehingga pengikut rasulullah hanya mendengarkan dan mentaatinya. tapi, setelah adanya ilmu yang bisa membuktikan hadits rasul tersebut, terjawablah, karena sesungguhnya minum sambil berdiri, tidak dapat menyaring kotoran-kotoran atau racun yang terdapat di dalam minuman yang kita minum.
  • Hadits memiliki 3 sinonim: Sunnah, Khabar dan atsar. Perbedaanya adalah Sunnah merupakan jalan hidup yang dibiasakan. Allah berfirman pada surat Al-Hijr: 10 dan Annisa: 64. Khabar merupakan ucapan, perbuatan dan ketetapan dari sahabat, sedangkan atsar merupakan ucapan, perbuatan dan ketetapan dari tabi'in.
  • Semua Hadits merupakan Khabar, tapi belum tentu semua Khabar merupakan Hadits.


وَلَقَدْ أَرْسَلْنَا مِنْ قَبْلِكَ فِي شِيَعِ الأوَّلِينَ (١٠) - See more at: http://www.tafsir.web.id/2013/03/tafsir-al-hijr-ayat-1-15.html#sthash.rr0HJFdk.dpuf
وَلَقَدْ أَرْسَلْنَا مِنْ قَبْلِكَ فِي شِيَعِ الأوَّلِينَ (١٠) - See more at: http://www.tafsir.web.id/2013/03/tafsir-al-hijr-ayat-1-15.html#sthash.rr0HJFdk.dpuf
وَلَقَدْ أَرْسَلْنَا مِنْ قَبْلِكَ فِي شِيَعِ الأوَّلِينَ (١٠) - See more at: http://www.tafsir.web.id/2013/03/tafsir-al-hijr-ayat-1-15.html#sthash.rr0HJFdk.dpuf
  Sumber: Makalah Qur'an Hadits kelompok 1 (Catur, Chyntia, Citra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar